Program :: Inherent K1 2008 :: jurusan akuntansi

Program I

Perancangan & Pengembangan Aplikasi Simulasi Perdagangan Saham

Deskripsi Program

Pengembangan program ini ditujukan untuk mengaktifkan dengan memberdayakan sumber referensi dan SDM, menjembatani kesenjangan penggunaan fasilitas, serta meningkatkan kualitas riset dan pengabdian masyarakat.

Program simulasi akan dibangun semirip mungkin dengan mekanisme perdagangan yang terjadi di bursa, sehingga user dapat menganalisis kondisi bursa (simulasi), membuat keputusan yang paling efisien berdasarkan pertimbangan risk and return. Pada akhirnya, setelah memanfaatkan program simulasi ini, para user dapat mengaplikasikannya di bursa yang sebenarnya.

Prosedur awal program simulasi adalah dengan mengaktifkan sub modul skenario yang mempengaruhi order (jual atau beli) dari virtual trader. Pada saat tersebut user dapat turut menginput order secara simultan bersama virtual trader lainnya.

mekanisme program 

Gambar 3.2 : Mekanisme Kerja Program Simulasi

Semua order akan dicatat dan diurutkan berdasar order priority yang akan mempengaruhi kurva permintaan saham (bid) dan penawaran saham (offer). Bila terdapat order yang cocok antara price dan volume, maka close price akan ter-update (matched order), sehingga akan mempengaruhi market indicator yang menggambarkan kondisi bursa saat itu.

Grafik harga saham juga  akan berubah sesuai perkembangan yang terjadi untuk memudahkan user menganalisis bursa sebelum membuat keputusan menjual atau membeli saham, bahkan wait and see. Semua catatan aktivitas user termasuk portfolio saham dan sisa dana kas akan ditampilkan dalam layar khusus untuk memudahkan user. Perdagangan saham akan berhenti sesuai pengaturan waktu user dan akan mengakhiri simulasi, seperti layaknya di bursa.

Program ini direncanakan dapat langsung di-download melalui EDUHUB ataupun jaringan INHERENT. Dengan beberapa langkah aktivasi Macro di Ms Excel program ini dapat langsung dijalankan tanpa memerlukan proses instalasi.

Tujuan Program
  • Membangun kolaborasi antara para akademisi dari perguruan-perguruan tinggi dalam melakukan diskusi dan sharing metodologi pembelajaran, khususnya di bidang pasar modal.
  • Menjembatani kesenjangan fasilitas pembelajaran pasar modal.
  • Membangun minat untuk melakukan penelitian-penelitian, melalui pengembangan analisis kuantitatif yang lebih mendalam dan pengembangan software.
Keterkaitan dengan Jaringan INHERENT
  • Aplikasi simulasi perdagangan saham ini sudah dimodifikasi dan dirancang untuk dapat di-share kepada perguruan tinggi yang berada dalam jaringan INHERENT, sehingga diharapkan aplikasi ini bisa digunakan secara lebih luas.
  • Dengan komitmen sharing melalui jaringan INHERENT, diharapkan dapat terjalin suatu komunikasi dan diskusi yang aktif guna memberikan masukan-masukan bagi aplikasi ini agar menjadi lebih baik dan memberikan nilai tambah yang lebih.

Program II

Pengembangan Konten Pembelajaran (Course Content) Investasi Pasar Modal

Deskripsi Program

Dalam pengembangan konten, Jurusan Akuntansi mengacu pada pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. ADDIE sebagai sebuah model desain instruksional dipandang sangat tepat dalam penyusunan materi pembelajaran termasuk materi pembelajaran berbasis web.

 

Gambar 3.3: Rerangka ADDIE (Dick an Carey, 1996)

Tujuan Program

  • Untuk menghasilkan bahan ajar pendidikan pasar modal yang sesuai dengan situasi Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan TI untuk mengurangi skill gap antara program pendidikan S1 dan profesi di seputar pasar modal.
  • Sebagai salah satu sumber bahan ajar untuk pendidikan pasar modal yang siap pakai dengan bantuan teknologi dan dapat diakses oleh para mitra INHERENT, terutama untuk bahan pengajaran tatap muka dikelas.
  • Menyediakan perangkat evaluasi terhadap keberhasilan pembelajaran yang dapat digunakan para mitra sebagai alat memberi penilaian kepada anak didik.

Keterkaitan dengan Jaringan INHERENT

Sejak tahun 2006, BINUS UNIVERSITY sudah bergabung dengan jaringan INHERENT dan mengelola secara langsung salah satu portal berisi learning management system (LMS) yang disebut dengan EDUHUB (www.eduhub-id.net). Dengan demikian bahan konten pembelajaran yang sudah tersusun dapat di-upload ke dalam EDUHUB untuk di-share ke berbagai perguruan tinggi lain yang sudah tergabung ke dalam jaringan tersebut. Konten pembelajaran tersebut selanjutnya akan digunakan untuk keperluan pembelajaran perguruan tinggi yang tergabung dalam jaringan INHERENT ataupun bisa digunakan sebagai bahan diskusian antarperguruan tinggi yang terlibat