Program :: Inherent K1 2008 :: jurusan dkv (desain komunikasi visual)

Program Pengembangan Pusat Data Virtual Desain Komunikasi Visual

Pengembangan Pusat Data Virtual Desain Komunikasi Visual disebut juga (Indonesia Visual Communication Virtualbase (IVCV))

Deskripsi Program

Program Pembentukan IVCV ini ditujukan untuk melakukan proses pendokumentasian karya-karya, penulisan dan aktivitas dari keilmuan Desain Komunikasi Visual, sejak dari era DKV masih disebut dalam istilah Desain Grafis. Adapun secara garis besar, fasilitas yang akan dikembangkan akan meliputi:

      • Pembentukan tim IVCV yang akan terdiri dari kordinator, kurator, editor, dokumentasi dan arsip, tim yang bersifat teknis.
      • Untuk menguji operasional dari IVCV ini akan dibentuk sebuah tim tersendiri yang disiapkan untuk menghasilkan materi awal yang merujuk kepada kelompok data yang telah dikategorikan.
      • Fasilitas infrastruktur untuk pendokumentasian karya. Dalam proses pendokumentasian karya terdapat aturan-aturan yang bersifat standar, baik dalam kualitas visual maupun secara teknis dalam proses digitalisasinya. Dengan fasilitas digitalisasi yang baik akan dihasilkan dokumen-dokumen yang berkualitas. Beberapa alat yang akan digunakan meliputi kamera video, digital kamera semi-pro dan SLR, scanner hi-resolution, komputer Apple Mac, printer, perekam suara juga digital imaging software.
      • Fasilitas database virtual yang memungkinkan proses pengayaan materi dan isi dari IVCV dapat dilakukan secara virtual (maya). Untuk menjalankannya dibutuhkan perangkat TIK berupa server dengan kemampuan generator podcast, database engine, dan aplikasi pendukung lainnya.

Berikut gambar mekanisme kerja dari IVCV yang dikembangkan oleh Jurusan DKV BINUS UNIVERSITY, terkait dengan jaringan INHERENT, universitas-universitas lain, masyarakat umum dan industri.


Gambar 3.1 Mekanisme kerja IVCV

Tujuan Program

  • Menyediakan fasilitas untuk dosen, mahasiswa dan masyarakat untuk menyiapkan data-data digital yang baik untuk didokumentasikan.
  • Menyediakan tempat dokumentasi desain komunikasi visual dalam media penyimpanan digital/virtual yang nantinya dapat dimanfaatkan secara luas, khususnya oleh universitas-universitas yang telah terhubung dengan jaringan INHERENT dan masyarakat yang beraktivitas di area keilmuan DKV bahkan masyarakat umum.

Keterkaitan dengan jaringan INHERENT

IVCV ini akan berjalan di dalam jaringan INHERENT dan internet, hingga dapat diakses dan dimanfaatkan secara luas.

 


Gambar 3.4 Arsitektur Server IVCV