Program :: Inherent K3 2006 :: Digital Content Development System (DCDS)

Program ini akan melakukan pengembangan kemampuan sistem pembangunan digital content yang telah ada sekarang. Penambahan fasilitas pada sistem ada sekarang, yaitu meliputi :

  1. Fasilitas kolaborasi antar SME melalui forum diskusi
    Melalui media ini para SME, dapat melakukan posting topik diskusi mengenai digital content yang sedang dikembangkan. SME lain dapat memberikan komentar terhadap materi yang telah disampaikan tersebut. Setiap diskusi akan dipimpin oleh SME yang ditunjuk sebagai koordinator pengembangan digital content.
  2. Fasilitas document management
    Fasilitas ini akan membantu para SME yang bekerjasama dalam pengembangan digital content, untuk melakukan versioning dari dokumen-dokumen yang mereka kerjakan, sharing dokumen bersama. Dokumen yang dimaksud di sini meliputi file teks, animasi, maupun video dan media multimedia lainnya.
  3. Kolaborasi tatap muka secara online maupun melalui chatting
    Untuk memudahkan pertemuan dengan para SME, fasilitas ini disediakan sehingga mempermudah para SME berdiskusi secara langsung tanpa harus hadir di tempat yang sama.

Hasil akhir dari program ini adalah sebuah aplikasi Digital Content Development System (DCDS) yang sudah akan digunakan oleh para SME BINUS UNIVERSITY, dan akan menghasilkan digital content yang siap digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Berikut ini dalam gambar 3.3, model aplikasi DCDS yang akan digunakan bersama oleh SME, pihak jurusan (diwakili oleh KMK) dan IDC untuk menghasilkan sebuah digital content.


Model Aplikasi DCDS

Untuk mewujudkan model aplikasi dengan fasilitas seperti disebutkan di atas, maka diperlukan dukungan perangkat TIK pada bagian infrastruktur server seperti pada gambar 3.4 di bawah ini. Sedangkan untuk para SME diperlukan dukungan TIK berupa perangkat komputer yang bersifat dinamis (PC notebook) yang mempunyai kemampuan multimedia teleconfrence, yang akan digunakan oleh para SME dalam mengembangkan digital content secara bersama.


Arsitektur Server Aplikasi DCDS