Program :: Inherent K3 2006 :: Digital Library (Digilib)

Pengembangan Akses Digital Library untuk Penelitian dan Layanan Kepada Masyarakat

Latar belakang perlunya pengembangan akses digital library yang mendukung kegiatan penelitian dan layanan kepada masyarakat adalah adanya keterbatasan ruangan library untuk menyimpan printed content serta disadari perlunya diseminasi informasi secara lebih luas sehingga nilai manfaat penelitian dapat dikembangkan secara lebih luas, misalnya di masyarakat industri. Teknologi, informasi, dan komputer (TIK) berperan penting dalam kegiatan Information Storage and Retrieval dengan cara mempercepat proses pengolahan informasi, searching (pencarian informasi), dan diseminasi informasi.

Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan pengembangan akses adalah :

  1. Menyediakan media untuk dosen, mahasiswa, dan masyarakat agar dapat mengakses hasil penelitian seperti skripsi, thesis, laporan penelitian, disertasi, dan artikel dalam bentuk digital.
  2. Menyediakan fasilitas pengaksesan terhadap hasil  penelitian tersebut yang dapat digunakan oleh perguruan tinggi lain.

Dalam pelaksanaannya, telah dikembangkan sebuah sistem yaitu Bina Nusantara Digital Library, yang semula berupa website berisi koleksi Binusiana atau Local E-Content yang hanya dapat diakses oleh para Binusian, sekarang sistem Digital Library tersebut dikembangkan sehingga pengguna dari Perguruan Tinggi lain dapat mengakses dengan menggunakan fitur-fitur yang ada seperti pencarian (searching) abstract, skripsi, laporan penelitian, e-artikel, dan e-Research. Setiap perguruan tinggi yang dapat mengakses Binus Digilib mendapat login berupa user name dan password. Hal ini membuat sistem ini dapat lebih dapat mudah diakses oleh tiap-tiap perguruan tinggi yang bergabung.

Masing-masing perguruan tinggi yang mengakses Binus Digilib dapat memilih database yang ditawarkan, misalnya database skripsi, thesis, laporan penelitian, artikel. Di samping itu, dapat diakses layanan dan paket informasi lainnya seperti e-Book, Info Pustaka ( newsletter), dan e-Kliping.