Program :: Inherent K3 2006 :: Learning Management System (LMS)

Pengembangan Learning Management System (LMS) Untuk Penggunaan Bersama Perguruan Tinggi (PT) di Jaringan INHERENT

Program Pengembangan LMS untuk Penggunaan Bersama Perguruan Tinggi di Jaringan INHERENT bertujuan untuk:

  1. Menyediakan media untuk mahasiswa dan dosen berinteraksi dalam proses belajar/mengajar secara online.
  2. Memberikan sumber pengetahuan yang lebih luas melalui berbagai channel termasuk Internet dalam mengakses bahan ajar yang bermutu.
  3. Memberikan fleksibilitas yang tinggi kepada dosen maupun mahasiswa untuk dapat mengakses bahan ajar sehingga efektifitas pembelajaran dapat ditingkatkan.

Pada pelaksanaan Program ini dihasilkan sebuah sistem pembelajaran (Learning Management System) bersama yaitu berupa portal yang disebut EduHub dimana perguruan tinggi yang bergabung dalam portal ini dapat menggunakan fasilitas pembelajaran bagi dosen maupun mahasiswanya yaitu pengaturan penjadwalan kuliah (course management) dan pengaturan pengguna (user management) secara personalisasi. Setiap perguruan tinggi yang bergabung memiliki alamat situs nya sendiri dengan fitur yang dapat digunakan oleh administrasi nya sendiri. Hal ini membuat perguruan tinggi yang bergabung dapat memanfaatkan sistem secara penuh untuk proses pembelajaran di perguruan tinggi masing-masing.

Selanjutnya masing-masing perguruan tinggi yang bergabung dapat menggunakan content matakuliah yang terdapat dalam sistem pembelajaran online (LMS) ini. Setelah matakuliah yang akan digunakan disepakati, dosen yang ditunjuk akan dibuatkan kelas beserta mahasiswa nya yang kemudian dapat menggunakan fasilitas Learning Management System ini.